Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan penjabaran tugas dan fungsi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kuantan Singingi diatur dan ditetapkan dengan Peraturan Bupati Kuantan Singingi Nomor 43 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kuantan Singingi adalah sebagai berikut.

KEPALA BADAN

  1. Badan merupakan unsur pedukung tugas Bupati, dipimpin oleh Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan bertangung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  2. Kepala Badan mempunyai tugas merencanakan,mengkoordinasikan, memfasilitasi, merumuskan kebijakan teknis,melaksanakan, membina,mengawasi,mengendalikan dan monitoring, mengevaluasi dan pelaporan penunjang urusan pemerintah bidang kepegawaian, pendidikan dan pelatihan.
  3. Kepala Badan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, menyelenggarakan fungsi:
  4. Perencanaan di bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
  5. Pengkoordinasian di bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
  6. Pelaksanaan fasilitasi di bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
  7. Perumusan kebijakan teknis di bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
  8. Pelaksanaan kegiatan di bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
  9. Pembinaan di bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
  10. Pengawasan di bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
  11. Pengendalian dan monitoring di bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
  12. Pengevaluasian dan pelaporan di bidang Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan;
  13. Pelaksaan tugas lain yangdiberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  14. Kepala Badan dalam melaksanakan tugas, dibantu oleh Sekretaris dan Kepala Bidang;
  15. Bidang sebagaimana dimaksud terdiri dari:
  16. Bidang Administrasi Kepegawaian;
  17. Bidang Pendidikan dan Pelatihan;
  18. Bidang Pembinaan Aparatur;

 

SEKRETARIAT

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan.

  1. Sekretaris mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam melaksanakan pengelolaan data, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan dan pengendalian serta evaluasi ketatausahaan, kepegawaian, sarana dan prasarana, penyelenggaraan rumah tangga, perjalanan dinas, kehumasan keprotokolan, program dan keuangan.
  2. Sekretaris dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksudmenyelenggarakan fungsi:
  3. Pengelolaan data.
  4. Penyusun program dan anggaran bidang umum, program dan keuangan;
  5. Pengkoordinasian penyusunan program dan anggaran Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan;
  6. Penyelenggaraan ketatausahaan;
  7. Pembinaan kepegawaian;
  8. Pengelolaan sarana dan prasarana;
  9. Penyelengaraan urusan rumah tangga;
  10. Penyelengaraanperjalanan dinas;
  11. Penyelenggaran fungsi kehumasan;
  12. Penyelenggaran keprotokolan;
  13. Pengelolaan keuangan;
  14. Pengkoordinasian dan pelaksanaan monitoring,evaluasi dan pelaporan;
  15. Pelaksanaan tugas lain yang di berikan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.
  16. Sekretaris dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud,dibantu oleh Subbagian.
  17. Subbagian sebagaimana dimaksud terdiri dari:
  18. Subbagian Umum;
  19. SubbagianProgram dan Keuangan;

Subbagian Umum

  1. Subbagian Umum dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kapada Sekretaris.
  2. Subbagian Umum mempunyai tugas melaksanakan penyiapan dalam penyusunan rencana kegiatan ketatausahaan, pembinaan kepegawaian, pengelolaan sarana dan prasarana, penyelenggaraan urusan rumah tangga dan perjalanan dinas serta kehumasan dan keprotokolan.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Subbagian Umum menyelenggarakan fungsi:
  4. Penyiapan bahan kegiatan ketatausahaan;
  5. Penyiapan bahan pembinaan kepegawaian;
  6. Penyiapan pengelolaan sarana dan prasarana ;
  7. Penyiapan bahan penyelenggaraan urusan rumah tangga;
  8. Penyiapan bahan penyelenggaraan perjalanan dinas;
  9. Penyiapan bahan penyelenggaraan kehumasan;
  10. Penyiapan bahan penyelenggaraan keprotokolan;
  11. Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  12. Subbagian Umum dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud,dibantu oleh fungsional umum.

Rincian tugas Subbagian Umum adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan surat menyurat;
  2. Mendistribusikan surat menyurat;
  3. Menggandakan dan mengarsipkan surat menyurat;
  4. Menyiapkan bahan pembinaan dan kepegawaian;
  5. Menyiapkan bahan perencanaan sarana dan prasarana;
  6. Melaksanakan pengadaan sarana dan prasarana;
  7. Melaksanakan pemeliharaan sarana dan prasarana;
  8. Menyiapkan kebutuhan rumah tangga dan perjalanan dinas;
  9. Melaksanakan pemenuhan kebutuhan rumah tangga dan perjalanan dinas;
  10. Menyiapkan bahan penyelenggaraan kehumasan dan protokoler;
  11. Menyiapkan bahan monitoring,evaluasi dan pelaporan kegiatan Subbagian Umum;
  12. Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

SubbagianProgram dan Keuangan

  1. Subbagian Program dan Keuangan dipimpin oleh seorang kepala Subbagian Program dan Keuangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.
  2. Subbagian Program dan Keuangan mempuyai tugas melaksanakan penyiapan dalam pengelolaan data, penyusunan dan pengkoordinasian rencana program dan anggaran, pengelolaan administrasi keuangan, monitoring, evaluasi dan pelaporan.
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Subbagian Program dan Keuangan menyelenggarakan fungsi:
  4. Penyiapan bahan pengumpulan dan inventarisasi data;
  5. Penyiapan bahan penyusunan pengkajian dan analisa data;
  6. Penyiapan bahan penyajian data;
  7. Penyiapan bahan penyusunan dan pengkoordinasian rencana program dan anggaran;
  8. Penyiapan bahan penataan penerimaan keuangan;
  9. Penyiapan bahan penataan penggunaan keuangan;
  10. Penyiapan bahan pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan;
  11. Penyiapan bahan pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan Subbagian Program dan Keuangan;
  12. Pelaksanaan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  13. SubbagianProgram dan Keuangan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, dibantu oleh fungsional umum.

Rincian tugas Subbagian Program dan Keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan data dan inventarisasi data;
  2. Melakukan pengkajian dan analisa data;
  3. Menyajikan dan menginformasikan data;
  4. Menyusun rencana program dan rencana kerja anggaran;
  5. Mengkoordinasikan penyusunan rencana program dan anggaran;
  6. Menyiapkan dan mengkoordinasikan bahan penyusunan data produk hukum daerah di Badan Kepagawain, Pendidikan dan Pelatihan;
  7. Menyiapkan bahan pelaksanaan pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pengendalian di bidang program dan keuangan;
  8. Menyiapkan bahan pengkoordinasian monitoring, evaluasi dan pelaporan;
  9. Menyiapkan bahan penyusunan laporan realisasi anggaran dan kinerja subbagian program dan keuangan;
  10. Menyiapkan bahan penyusunan laporan kinerja program Badan Kepagawain, Pendidikan dan Pelatihan;
  11. Menyiapkan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian program dan keuangan;
  12. Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

BIDANG ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

  1. Bidang Administrasi Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab kapada Kepala Badan.
  2. Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam melaksanakan pengelolaan data, perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan bidang informasi dan pengadaan, kepangkatan, mutasi dan promosi.
  3. Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud,menyelenggarakan fungsi:
  4. Perumusan kebijakan teknis di bidang administrasi kepegawaian;
  5. Penyusunan rencana program dan anggaran di administrasi kepegawaian;
  6. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas di bidang administrasi kepegawaian;
  7. Pelaksanaan pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan di bidang administrasi kepegawaian;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang di berikan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.
  9. Kepala Bidang dalam melaksanakan fungsi sebagaimana sebagaimana dimaksud, mempunyai tugas melaksanakan analisa/kajian terhadap bahan yang di ajukan oleh bawahan sebagai bahan penetapan oleh pimpinan maupun terhadap bahan-bahan atau perintah yang di berikan oleh atasan untuk dapat di jabarkan dan sebagai pedoman oleh bawahan dalam pelaksanaan tugas.
  10. Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian dalam melaksanakan tugas sebagaimanadimaksud,dibantu oleh Subbidang.
  11. Subbidang sebagaimana dimaksud terdiri dari:
  12. Subbidang Informasi dan Pengadaan;
  13. Subbidang Kepangkatan;
  14. Subbidang Mutasi dan Promosi.

Subbidang Informasi dan Pengadaan

  1. Subbidang Informasi dan Pengadaan dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  2. Subbidang Informasi dan Pengadaan mempunyai tugas penyiapan dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, perencanaan, pembinaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan informasi dan pengadaan.
  3. Subbidang Informasi dan Pengadaan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud,menyelenggarakan fungsi:
  4. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis informasi dan pengadaan;
  5. Penyiapan bahan penyusunan rencana program dan anggaran informasi dan pengadaan;
  6. Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan teknis informasi dan pengadaan;
  7. Penyiapan bahan pengkoordinasian pelaksanaan informasi dan pengadaan;
  8. Penyiapan bahan pengkoordinasian pelaksanaan supervise dan fasilitasi pengelolaan informasi dan pengadaan;
  9. Penyiapan bahan pembinaan, pengawasan, evaluasi informasi dan pengadaan;
  10. Penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program informasi dan pengadaan;
  11. Penyiapan bahan pembinaan, pengawasan, evaluasi informasi dan pengadaan;
  12. Pelaksanaan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  13. SubbidangInformasi dan Pengadaan dalam melaksanakan tugas sebagimana dimaksud, dibantu oleh fungsional umum.

Rincian tugas SubbidangInformasi dan Pengadaan adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pengumpulan, identifikasi, pengolahan dan penyajian data informasi dan pengadaan pegawai;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk operasional dan petunjuk teknis informasi dan pengadaan pegawai;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan anggaran informasi dan pengadaan pegawai;
  4. Melaksanakan pemetaan kebutuhan sarana prasarana informasi dan pengadaan pegawai;
  5. Melaksanakan pengelolaan sistem informasi dan pengadaan pegawai;
  6. Melaksanakan pengembangan sistem informasi dan pengadaan pegawai;
  7. Menyiapkan bahan telaahan informasi dan pengadaan pegawai;
  8. Menyiapkan bahan pengkoordinasian pelaksanaan tugas informasi dan pengadaan pegawai;
  9. Menyiapkanbahan informasi pengumpulan dan inventarisasi data;
  10. Penyiapan bahan pengkajian dan analisis data;
  11. Penyiapan bahan penyajian data;
  12. Menyiapkan bahan informasi dan pengadaan pegawai;
  13. Menyiapkan bahan pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK);
  14. Menyiapkan bahan usulan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP);
  15. Menyiapkan bahan usulan pelaksanaan bahan pengangkatan calon pegawai;
  16. Menyiapkan bahan pembinaan, pengawasan dan evaluasi informasi dan pengadaan pegawai;
  17. Menyiapkan bahan penyusunan laporan realisasi anggaran dan kinerja Subbidang Informasi dan Pengadaan Pegawai;
  18. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Subbidang Kepangkatan

  1. Subbidang Kepangkatan dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  2. Subbidang Kepangkatan mempunyai tugas penyiapan dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, perencanaan, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan kepangkatan.
  3. Subbidang Kepangkatan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, menyelenggarakan fungsi:
  4. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis kepangkatan;
  5. Penyiapan bahan penyusunan rencana program dan anggaran kepangkatan;
  6. Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan teknis kepangkatan;
  7. Penyiapan bahan pengkoordinasian pelaksanaan kepangkatan;
  8. Penyiapan bahan pengkoordinasian dan pelaksanaan supervise dan fasilitasi pengelolaan kepangkatan;
  9. Penyiapan bahan pembinaan, pengawasan evaluasi kepangkatan;
  10. Penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program kepangkatan;
  11. Pelaksanaan tugas lainyang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  12. Subbidang Kepangkatan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud,dibantu oleh fungsional umum.

Rincian tugas Subbidang Kepangkatan adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pengumpulan, identifikasi, pengolahan dan penyajian data kepangkatan;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk operasional dan petunjuk teknis kepangkatan;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan anggaran kepangkatan;
  4. Melaksanakan pemetaan kebutuhan sarana prasarana kepangkatan;
  5. Melaksanakan pengelolaan kepangkatan;
  6. Menyiapkan bahan pengkoordinasian pelaksanaan tugas kepangkatan;
  7. Menyiapkan bahan pembinaan, pengawasan dan evaluasi kepangkatan;
  8. Menyiapkan bahan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat, surat pemberitahuan Gaji Berkala, Pengangkatan CPNS menjadi PNS, peninjauan masa kerja dan Kartu Pegawai (Karpeg), penyesuaian gaji pokok;
  9. Menyiapkan bahan penyusunan laporan realisasi anggaran dan kinerja Subbidang Kepangkatan;
  10. Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Subbidang Mutasi dan Promosi

  1. Subbidang Mutasi dan Promosi dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  2. Subbidang Mutasi dan Promosi mempunyai tugas penyiapan dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, perencanaan, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan mutasi dan promosi.
  3. Subbidang Mutasi dan Promosi dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, menyelenggarakan fungsi:
  4. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis mutasi dan promosi;
  5. Penyiapan bahan penyusunan rencana program dan anggaran mutasi dan promosi;
  6. Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan teknis mutasi dan promosi;
  7. Penyiapan bahan pengkoordinasian mutasi dan promosi;
  8. Penyiapan bahan pengkoordinasian dan pelaksanaan supervise dan fasilitasi pengelolaan mutasi dan promosi;
  9. Penyiapan bahan pembinaan, pengawasan evaluasi mutasi dan promosi;
  10. Penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program mutasi dan promosi;
  11. Pelaksanaan tugas yang di berikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  12. Subbidang Mutasi dan Promosi dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, dibantu oleh fungsional umum.

Rincian tugas Subbidang Mutasi dan Promosi adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pengumpulan, identifikasi, pengolahan dan penyajian data mutasi dan promosi;
  2. Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk operasional dan petunjuk teknis mutasi dan promosi;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan anggaran mutasi dan promosi;
  4. Melaksanakan pemetaan kebutuhan sarana prasarana mutasi dan promosi;
  5. Melaksanakan pengelolaan mutasi dan promosi;
  6. Menyiapkan bahan konsultasi Seleksi Terbuka untuk Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama;
  7. Melaksanakan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama;
  8. Menyiapkan bahan pelaksanaan usulan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama;
  9. Menyiapkan bahan Penetapan, Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian PNS dalam dan dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ke bawah atau jabatan fungsional yang jenjangnya setingkat;
  10. Menyiapkan bahan penyelenggaraan Pelantikan Jabatan;
  11. Menyiapkan bahan perpindahan PNSD ke Kabupaten/Kota/Provinsi/ Departemen lainnya;
  12. Menyiapkan bahan pengkoordinasian pelaksanaan tugas mutasi dan promosi;
  13. Menyiapkan bahan Pembinaan, Pengawasan dan evaluasi mutasi dan promosi;
  14. Menyiapakan bahan penyusunan laporan realisasi anggaran dan kinerja Subbidang Mutasi dan Promosi;
  15. Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

 

BIDANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

  1. Bidang Pendidikan dan Pelatihan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan.
  2. Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan  bidang diklat struktural, diklat teknis dan fungsional serta pengembangan kompetensi.
  3. Kepala Bidang dalam melaksanakan tugas sebagaiman dimaksud,menyelenggarakan fungsi:
  4. perumusan kebijakan teknis di bidang pendidikan dan pelatihan;
  5. penyusunan rencana program dan anggaran di bidang pendidikan dan pelatihan;
  6. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas di bidang pendidikan dan pelatihan;
  7. Pelaksanaan pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan di bidang pendidikan dan pelatihan;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.
  9. Kepala Bidang dalam melaksanakan fungsi sebagaiman dimaksud,mempunyai tugas melaksanakan analisa/kajian terhadap bahan yang di ajukan oleh bawahan sebagai bahan penetapan oleh pimpinan maupun terhadap bahan-bahan atau perintah yang di berikan oleh atasan untuk dapat di jabarkan dan sebagai pedoman oleh bawahan dalam pelaksanaan tugas.
  10. Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, dibantu oleh subbidang.
  11. Subbidang sebagaimana dimaksud, terdiri dari:
  12. Subbidang Diklat Struktural;
  13. Subbidang Diklat Teknis dan Fungsional.
  14. Subbidang Pengembangan.

Subbidang Diklat Struktural

  1. Subbidang Diklat Struktural dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  2. Subbidang Diklat Struktural mempunyai tugas penyiapan dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, perencanaan, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan diklat struktural.
  3. Subbidang Diklat Struktural dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, menyelenggarakan fungsi:
  4. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis diklat struktural;
  5. Penyiapan bahan penyusunan rencana program dan anggaran diklat struktural;
  6. Penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan teknis diklat struktural;
  7. Penyiapan bahan pengkoordinasian pelaksanaan diklat struktural;
  8. Penyiapan bahan pengkoordinasian dan pelaksanaan supervisi dan fasilitasi pengelolaan diklat struktural;
  9. Penyiapan bahan pembinaan, pengawasan evaluasi diklat struktural;
  10. Penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program diklat struktural;
  11. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya
  12. SubbidangDiklat Struktural dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud,dibantu oleh fungsional umum.

Rincian tugas SubbidangDiklat Struktural adalah sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan dan inventarisasi data diklat struktural;
  2. Melakukan pengkajian dan analisa data diklat struktural;
  3. Menyajikan dan menginformasikan data diklat struktural;
  4. Menyusun rencana program dan rencana kerja anggaran diklat struktural;
  5. Mengkoordinasikan penyusunan rencana program dan anggaran diklat struktural;
  6. Melaksanakan kegiatan diklat prajabatan dan diklat kepemimpinan;
  7. Menyiapkan bahan penyusunan data produk hukum daerah di bidang diklat struktural;
  8. Menyiapkan bahan pelaksanaan pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pengendalian di bidang program diklat struktural;
  9. Menyiapkan bahan pengkoordinasian monitoring, evaluasi dan pelaporan pendidikan dan diklat struktural;
  10. Menyiapkan bahan penyusunan laporan realisasi anggaran dan kinerja Sub Bagian Diklat struktural;
  11. menyiapkan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Diklat struktural;
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Subbagian Diklat Teknis dan Fungsional

  1. Subbidang Diklat Teknis dan Fungsional dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  2. Subbidang Diklat Teknis dan Fungsional mempunyai tugas penyiapan dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, perencanaan, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan subbidang diklat Teknis dan Fungsional.
  3. Subbidang Diklat Teknis dan Fungsional dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, menyelenggarakan fungsi:
  4. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis diklat teknis dan fungsional;
  5. penyiapan bahan penyusunan rencana program dan anggaran diklat teknis dan fungsional;
  6. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan teknis diklat teknis dan fungsional;
  7. penyiapan bahan pengkoordinasian diklat teknis dan fungsional;
  8. penyiapan bahan pengkoordinasian dan pelaksanaan supervisi dan fasilitasi pengelolaan diklat teknis dan fungsional;
  9. penyiapan bahan pembinaan, pengawasan evaluasi diklat teknis dan fungsional;
  10. penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program diklat teknis dan fungsional;
  11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  12. Subbidang Diklat Teknis dan Fungsional dalam meaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, dibantu olehfungsional umum.

Rincian tugas Subbidang Diklat Teknis dan Fungsional adalah sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan dan inventarisasi data diklat teknis dan fungsional;
  2. Melakukan pengkajian dan analisa data diklat teknis dan fungsional;
  3. Menyajikan dan menginformasikan data diklat teknis dan fungsional;
  4. Menyusun rencana program dan rencana kerja anggaran diklat teknis dan fungsional;
  5. Mengkoordinasikan penyusunan rencana progran dan anggaran diklat teknis dan fungsional;
  6. Menyiapkan bahan penyusunan data produk hukum daerah di bidang diklat diklat teknis fungsional;
  7. Menyiapkan bahan pelaksanaan pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pengendalian di bidang diklat teknis dan fungsional;
  8. Menyiapkan bahan pengkoordinasian monitoring, evaluasi dan pelaporan diklat teknis dan fungsional;
  9. Menyiapkan bahan penyusunan laporan realisasi anggaran dan kinerja Sub Bagian Diklat Teknis dan Fungsional;
  10. Menyiapkan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub Bagian Diklat Teknis dan Fungsional;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Subbidang Pengembangan

  1. Subbidang Pengembangan Kompetensi dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  2. Subbidang Pengembangan Kompetensi mempunyai tugas penyiapan dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, perencanaan, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan Pengembangan Kompetensi
  3. Subbidang Pengembangan Kompetensi dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), menyelenggarakan fungsi:
  4. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pengembangan kompetensi;
  5. penyiapan bahan penyusunan rencana program dan anggaran pengembangan kompetensi;
  6. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan teknis pengembangan kompetensi;
  7. penyiapan bahan pengkoordinasian pengembangan kompetensi;
  8. penyiapan bahan pengkoordinasian dan pelaksanaan supervise dan faslitasi pengelolaan pengembangan kompetensi;
  9. penyiapan bahan pembinaan, pengawasan evaluasi pengembangan kompetensi;
  10. penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program pengembangan kompetensi;
  11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  12. Subbidang Pengembangan Kompetensi dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, dibantu oleh fungsional umum.

Rincian tugas Subbidang Pengembangan Kompetensi adalah sebagai berikut :

  1. Mengumpulkan data dan inventarisasi data pengembangan kompetensi;
  2. Melakukan pengkajian dan analisa data pengembangan kompetensi;
  3. Menyajikan dan menginformasikan data pengembangan kompetensi;
  4. Menyusun rencana program dan rencana kerja anggaran pengembangan kompetensi;
  5. Mengkoordinasikan penyusunan rencana progran dan anggaran pengembangan kompetensi;
  6. Melaksanakan kegiatan ujian dinas kenaikan pangkat dan penyesuaian ijazah;
  7. Memproses izin belajar, tugas belajar dan pendidikan ikatan dinas;
  8. Menyiapkan bahan penyusunan data produk hukum daerah di bidang pengembangan kompetensi;
  9. Menyiapkan bahan pelaksanaan pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pengendalian di bidang program pengembangan kompetensi;
  10. Menyiapkan bahan pengkoordinasian monitoring, evaluasi dan pelaporan pengembangan kompetensi;
  11. Menyiapkan bahan penyusunan laporan realisasi anggaran dan kinerja Sub Bagian pengembangan kompetensi;
  12. Menyiapkan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan Sub pengembangan kompetensi;
  13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

BIDANG PEMBINAAN APARATUR

  1. Bidang Pembinaan Aparatur dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kapada Kepala Badan.
  2. Kepala Bidang Pembinaan Aparatur mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, pengkoordinasian, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan bidang pembinaan aparatur.
  3. Kepala Bidang Pembinaan Aparatur dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, menyelenggarakan fungsi:
  4. Perumusan kebijakan teknis di bidang pembinaan aparatur;
  5. Penyusunan rencana program dan anggaran di bidang pembinaan aparatur;
  6. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas di bidang pembinaan aparatur;
  7. Pelaksanaan pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan di bidang pembinaan aparatur;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang di berikan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.
  9. Kepala Bidang dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud, mempunyai tugas melaksanakan analisa/kajian terhadap bahan yang diajukan oleh bawahan sebagai bahan penetapan oleh pimpinan maupun terhadap bahan-bahan atau perintah yang di berikan oleh atasan untuk dapat dijabarkan dan sebagai pedoman oleh bawahan dalam pelaksanaan tugas.
  10. Kepala Bidang Pembinaan Aparatur dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, dibantu oleh Kepala Subbidang.
  11. Subbidang sebagaimana dimaksud pada ayat (5) terdiri dari :
  12. Subbidang Pembinaan dan Evaluasi Kinerja;
  13. Subbidang Penghargaan dan Pensiun.
  14. Subbidang Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI).

Subbidang Pembinaan dan Evaluasi Kinerja

  1. Subbidang Pembinaan dan evaluasi Kinerja dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  2. Subbidang Pembinaan dan Evaluasi Kinerja mempunyai tugas penyiapan dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, perencanaan, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Kinerja.
  3. Subbidang Pembinaan dan Evaluasi Kinerja dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, menyelenggarakan fungsi:
  4. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan evaluasi kinerja;
  5. penyiapan bahan penyusunan rencana program dan anggaran pembinaan dan evaluasi kinerja;
  6. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan teknis pembinaan dan evalusi kinerja;
  7. penyiapan bahan pengkoordinasian pembinaan dan evaluasi kinerja;
  8. penyiapan bahan pengkoordinasian dan pelaksanaan supervisi dan fasilitasi pengelolaan pembinaan dan evaluasi kinerja;
  9. penyiapan bahan pembinaan, pengawasan evaluasi pembinaan dan evaluasi kinerja;
  10. penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program pembinaan dan evaluasi kinerja;
  11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  12. Subbidang Pembinaan dan Evaluasi Kinerja dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, dibantu oleh fungsional umum.

Rincian tugas Subbidang Pembinaan dan Evaluasi Kinerja adalah sebagai berikut :

  1. melaksanakan pengumpulan, identifikasi, pengolahan dan penyajian data pembinaan dan evaluasi kinerja;
  2. menyiapkan bahan penyusunan petunjuk operasional dan petunjuk teknis pembinaan dan evaluasi kinerja;
  3. menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan anggaran pembinaan dan evaluasi kinerja;
  4. melaksanakan pemetaan kebutuhan sarana prasarana pembinaan dan evaluasi kinerja;
  5. melaksanakan pemantauan disiplin dan kehadiran pegawai
  6. memproses penjatuhan hukuman disiplin pegawai
  7. merencanakan dan melaksanakan penilaian evaluasi sasaran kerja pegawai
  8. menganalisis hasil penilaian kinerja pegawai
  9. mengkoordinasikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN);
  10. menyiapkan bahan pengkoordinasian pelaksanaan tugas pembinaan dan evaluasi kinerja;
  11. menyiapkan bahan pembinaan, pengawasan dan evaluasi pembinaan dan evaluasi kinerja;
  12. menyiapkan bahan penyusunan laporan realisasi anggaran dan kinerja Subbidang pembinaan dan evaluasi kinerja;
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Subbidang Penghargaan dan Pensiun

  1. Subbidang Penghargaan dan Pensiun dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  2. Subbidang Penghargaan dan Pensiun mempunyai tugas penyiapan dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, perencanaan, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan penghargaan dan pensiun.
  3. Subbidang Penghargaan dan Pensiun dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, menyelenggarakan fungsi:
  4. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis penghargaan dan Pensiun;
  5. penyiapan bahan penyusunan rencana program dan anggaran penghargaan dan Pensiun;
  6. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan teknis penghargaan dan Pensiun;
  7. penyiapan bahan pengkoordinasian penghargaan dan Pensiun;
  8. penyiapan bahan pengkoordinasian pelaksanaan supervisi dan fasilitasi pengelolaan penghargaan dan pensiun;
  9. penyiapan bahan pembinaan, pengawasan evaluasi penghargaan dan Pensiun;
  10. penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program penghargaan dan Pensiun;
  11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  12. Subbidang Penghargaan dan Pensiun dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, dibantu oleh fungsional umum.

Rincian tugas Subbidang Penghargaan dan Pensiun sebagai berikut :

  1. melaksanakan pengumpulan, identifikasi, pengolahan dan penyajian data penghargaan dan Pensiun;
  2. menyiapkan bahan penyusunan petunjuk operasional dan petunjuk teknis penghargaan dan Pensiun;
  3. menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan anggaran penghargaan dan Pensiun;
  4. melaksanakan pemetaan kebutuhan sarana prasarana penghargaan dan Pensiun;
  5. memproses usulan penghargaan satya lancana karya satya;
  6. menyelenggarakan penghargaan pegawai berprestasi;
  7. memproses cuti pegawai;
  8. memproses usulan pensiun pegawai;
  9. menyiapkan bahan pengkoordinasian pelaksanaan tugas penghargaan dan Pensiun;
  10. menyiapkan bahan pengembangan penghargaan dan Pensiun;
  11. menyiapkan bahan pembinaan, pengawasan dan evaluasi penghargaan dan Pensiun;
  12. menyiapkan bahan penyusunan laporan realisasi anggaran dan kinerja Sub Bagian Penghargaan dan Pensiun;
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Subidang KORPRI

  1. Subidang KORPRI dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang, yang berada langsung dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.
  2. Subbidang KORPRI mempunyai tugas penyiapan, dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis, perencanaan, pembinaan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan kegiatan KORPRI.
  3. Kepala Subbidang dalam melaksanakan tugasnya sebagaimana dimaksud menyelenggarakan fungsi :
  4. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis KORPRI;
  5. penyiapan bahan penyusunan rencana program dan anggaran KORPRI;
  6. penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan teknis KORPRI;
  7. penyiapan bahan pengkoordinasian KORPRI;
  8. penyiapan bahan pengkoordinasian dan pelaksanaan supervisi dan fasilitasi pengelolaan KORPRI;
  9. penyiapan bahan pembinaan, evaluasi, pengawasan KORPRI;
  10. penyiapan bahan penyusunan laporan pelaksanaan program KORPRI;
  11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  12. Subbidang KORPRI dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, dibantu oleh fungsional umum.

Rincian tugas Subbidang KORPRI sebagai berikut :

  1. melaksanakan pengumpulan, identifikasi, pengolahan dan penyajian data KORPRI;
  2. menyiapkan bahan penyusunan petunjuk operasional dan petunjuk teknis KORPRI;
  3. menyiapkan bahan penyusunan rencana program dan anggaran KORPRI;
  4. melaksanakan pemetaan kebutuhan sarana prasarana KORPRI;
  5. pengkoordinasian kegiatan olah raga, seni dan budaya;
  6. pengkoordinasian pembinaan mental dan rohani;
  7. penyiapan bantuan hukum bagi PNS;
  8. menyiapkan bahan pengkoordinasian pelaksanaan tugas KORPRI;
  9. menyiapkan bahan pembinaan, pengawasan dan evaluasi KORPRI;
  10. menyiapkan bahan penyusunan laporan realisasi anggaran dan kinerja Subbidang KORPRI;
  11. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

atau bisa dilihat pada Perbup Nomor 43 Tahun 2016 (klik untuk mengunduh)

Sambutan Plt. Kepala BKPP Kabupaten Kuantan Singingi
Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh, Selamat datang di laman resmi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kuantan Singingi, laman ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi untuk memberikan Informasi dan gambaran Badan Kepegawaian Pendidikan dan PelatihanKabupaten Kuantan Singingi dalam melaksanakan pelayanan. Kritik dan saran terhadap kekurangan dan kesalahan yang ada sangat kami harapkan guna penyempurnaan laman ini dimasa datang. Semoga laman ini memberikan manfaat bagi kita semua.
Terima kasih,

Plt. Kepala BKPP Kab. Kuantan Singingi


Drs. HENDRI SISWANTO